INFO BEASISWA


1. KEMENDIKBUD

SIARAN PERS
Nomor: 34/Sipers/II/A6/2020

*Kemendikbud Buka Pendaftaran KIP Kuliah Hingga 31 Maret 2020*
_Pendaftar SNMPTN dari Keluarga Kurang Mampu Diharapkan Finalisasi Setelah Mendaftar_

Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka kesempatan bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang belum memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk tetap melakukan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan mengajukan permohonan KIP Kuliah. Pendaftaran KIP Kuliah dibuka pada tanggal 2 hingga 31 Maret 2020 hingga pukul 23.59 WIB melalui laman
 http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam, menegaskan bahwa KIP Kuliah merupakan bentuk penguatan program Bidikmisi yang dilaksanakan melalui perluasan akses mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

"Pada tahun ini, Pemerintah mengeluarkan kebijakan KIP Kuliah agar terintegrasi dengan kebijakan yang telah dilaksanakan selama lima tahun belakangan ini, yakni KIP yang dimiliki siswa SMA maupun SMK. Perlu disampaikan bahwa kebijakan KIP Kuliah untuk sementara diperuntukkan hanya bagi calon mahasiswa baru di kampus," disampaikan Nizam di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (24/2).

Saat ini, pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah dibuka. Semula, pendaftaran akan ditutup pada tanggal 27 Februari 2020 pukul 23.50, tetapi khusus bagi calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang membutuhkan KIP Kuliah, disediakan perpanjangan waktu yang menyesuaikan pendaftaran KIP Kuliah, yaitu tanggal 2 hingga 31 Maret 2020.

Bagi calon mahasiswa yang tidak membutuhkan dukungan biaya dari pemerintah dan ingin mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN, dapat melakukan pendaftaran hingga tanggal yang ditentukan (27 Februari 2020) dan langsung melakukan finalisasi. Begitu juga bagi calon mahasiswa yang sudah memiliki KIP pada jenjang pendidikan sebelumnya.

Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih, menjelaskan, bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang sama sekali belum memiliki KIP tetap dapat melakukan pendaftaran SNMPTN hingga pengisian program studi dan pilihan universitas. Namun, diharapkan tidak melakukan finalisasi terlebih dulu sebelum mendaftar pada laman KIP Kuliah. 

"Pendaftaran KIP Kuliah dimulai awal Maret mendatang. Boleh saja sudah mulai mendaftar dan mengisi informasi-informasi yang perlu dicantumkan di pendaftaran SNMPTN, tetapi kami imbau untuk jangan finalisasi terlebih dulu. Jika pendaftaran KIP Kuliah sudah rampung, baru pendaftaran SNMPTN dapat difinalisasi dan cetak kartu," jelas Nasih.

Dikonfirmasi oleh Nasih, pendaftaran SNMPTN khusus bagi calon mahasiswa kurang mampu yang membutuhkan KIP Kuliah memang telah diperpanjang hingga akhir Maret 2020, menyesuaikan dengan pendaftaran KIP Kuliah yang diadakan pada tanggal 2 hingga 31 Maret 2020.

Proses pendaftaran SNMPT sendiri dapat dilakukan melalui laman http://portal.ltmpt.ac.id/
Pada laman tersebut, pendaftar akan diminta untuk mengisi biodata, pilihan perguruan tinggi negeri, dan pilihan program studi, serta mengunggah dokumen prestasi tambahan (jika ada). Langkah terakhir adalah finalisasi. Jika sudah finalisasi, pendaftar dianggap telah selesai mendaftar, sehingga harus mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Untuk yang ingin mendaftar KIP kuliah, calon mahasiswa bisa melakukannya secara mandiri dengan langsung mengakses ke laman
http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
Setelah masuk ke laman tersebut, sistem akan melakukan validasi terkait Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.

Jika dinyatakan berhasil, calon mahasiswa akan mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke surat elektronik (e-mail) yang telah didaftarkan. Setelah itu, proses pendaftaran KIP kuliah pun selesai. (*) 

Jakarta, 24 Februari 2020
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Laman    : kemdikbud.go.id
Twitter  : twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook : fb.com/kemdikbud.ri
Youtube  : KEMENDIKBUD RI

#KIPKuliah
#MerdekaBelajar


2. UII YOGYAKARTA

BEASISWA FULL STUDY S1
PONDOK PESANTREN UII {Program Beasiswa Mahasiswa Unggulan}

*GEL I*
- Pendaftaran: 4 Maret - 6 Mei 2020
- Pengumuman lolos seleksi berkas: 9 Mei 2020
- Ujian Tulis: 12 Mei 2020
- Ujian Wawancara: 13 Mei 2020
- Pengumuman: 19 Mei 2020
- Registrasi: 19 Mei - 19 Juni 2020
- Verifikasi dokumen: 9 - 19 Juni 2020

*GEL II*
- Pendaftaran: 17 Juni - 15 Juli 2020
- Pengumuman lolos seleksi berkas: 18 Juli 2020
- Ujian Tulis: 21 Juli 2020
- Ujian Wawancara: 22 Juli 2020
- Pengumuman: 28 Juli 2020
- Registrasi: 28 Juli - 4 Agustus 2020
- Verifikasi dokumen: 28 Juli - 4 Agustus 2020

*Persayaratan Pendaftaran*
1. Fotokopi rapor SMA atau sederajat yang telah dilegalisasi oleh pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata semester 4 dan 5 yaitu minimal 8,5 (delapan koma lima) untuk skala nilai 1 – 10, minimal 85 (delapan puluh lima) untuk skala nilai 1 – 100, atau minimal 3,40 (tiga koma empat nol) untuk skala 1 – 4.

2. Khusus lulusan pondok pesantren tahun 2019/2020 harus menyertakan surat keterangan telah/sedang melakukan pengabdian.

3. Surat Keterangan Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan masuk ranking kelas 5 (lima) besar pada semester 4 dan 5.

4. Sertifikat TOEFL (Inggris) atau TOAFL (Arab) dengan skor minimal 450.

5. SKKB dari sekolah atau SKCK dari POLRI.

6. Piagam atau sertifikat atau surat keterangan prestasi dan keaktifan organisasi (jika ada).

7. Surat keterangan sehat dari dokter.

8. Esai berjumlah 2 (dua) buah dengan judul: “Sukses Terbesar dalam Hidupku” dan “Peranku untuk Umat”.

Link pendaftaran

 https://pmb.uii.ac.id/psb/

Untuk info lebih lanjut silahkan follow @pesantrenuii
.
.
#pesantrenuii #beasiswa #infobeasiswa #beasiswaunggulan #beasiswas1 #beasiswasantri #beasiswaindonesia #santri #informasibeasiswa #beasiswadalamnegeri #beasiswauii #uii #beasiswafullstudy




3. PEMPROV JATIM ( pendaftaran sdh berakhir )


https://www.pustakajc.co/news/view/524/pemprov-jatim-buka-beasiswa-kuliah-di-al-azhar-siapa-berminat

14 Januari 2020 17:54:19
Pemprov Jatim Buka Beasiswa Kuliah di Al Azhar, Siapa Berminat?

SURABAYA, PustakaJC. Co - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mulai tahun 2020 membuka Program Beasiswa Sarjana Strata 1 (S1) untuk kuliah di Universitas Al Azhar Kairo di Mesir. Program Beasiswa mahasiswa belajar ke negeri piramida ini merupakan satu-satunya yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi di Indonesia.

"Jawa Timur itu gudang pondok pesantren, maka program beasiswa ke Al Azhar ini upaya mencetak ulama -ulama pagar Islam Moderat," kata Khofifah saat menerima Tim Seleksi Program Beasiswa yang diketuai Prof Abdul Kadir Riyadi di rumah dinas Gubernur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (14/01).

Dalam pertemuan itu, perempuan yang juga Ketua Umum Muslimat NU ini memberikan pengarahan agar kesempatan bagi santri-pelajar lulusan setingkat Madrasah Aliyah atau SMA yang dikelola oleh pondok pesantren untuk mengikuti seleksi kuliah di luar negeri ini. Kepada tim seleksi, Khofifah berpesan agar memberikan pembekalan wawasan kebangsaan sebelum calon mahasiswa diberangkan ke Mesir.

Ketua Tim Seleksi Penerimaan Mahasiswa Beasiswa Jatim, Prof Abdul Kadir Riyadi mengatakan, proses seleksi ini sudah berjalan, mulai dari sosialisasi ke beberapa pondok pesantren di Jatim. Namun untuk masa pendaftaran yang sedianya sampai tanggal 20 Januari 2020, atas saran Khofifah maka masa diperpanjang hingga tanggal 10 Februari 2020. 

"Atas saran dari Ibu Gubernur masa pendaftaran ditambah 20 hari lagi," jelas Dosen Pengajar Universitas Islam Sunan Ampel Surabaya.

Program beasiswa ke Universitas Al Azhar ini disediakan kuota 50 mahasiswa. Persyaratan kualifikasi lulusan Aliyah atau SMA yang dikelola oleh pondok pesantren, hafal 2 juz Al Qur'an satu diantaranya juz 30, kemampuan bahasa Arab level 7 dan mampu membaca kitab kuning ukuranya Kitab Kifayatul Akhyar.

Proses seleksi ada tes tulis bahasa Inggris dan Arab serta tes wawancara oleh tim ahli yang dipimpin oleh Prof Mas'ud Said. Proses seleksi dengan melakukan penjaringan ke pondok-pondok pesantren. Dipilihnya, Al Azhar Kairo ini harapannya setelah lulus bisa menjadi ulama-ulama yang berpandangan moderat karena ada fenomena di Jatim berkembang arus pemikiran yang liberal dan konservatif.


"Lulusan dari Al Azhar ini nantinya menghasilkan ulama-ulama yang memberikan wawasan luas dan moderat serta tidak radikal," pungkas laki-laki yang juga lulusan Universitas Al Azhar ini. (pstk01/kominfojtm)

Komentar

  1. Your Affiliate Profit Machine is waiting -

    And getting it set up is as easy as 1..2..3!

    This is how it all works...

    STEP 1. Input into the system what affiliate products you want to push
    STEP 2. Add some push button traffic (it LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. See how the affiliate system grow your list and up-sell your affiliate products on it's own!

    Are you ready to make money automatically???

    You can test-drive the system for yourself risk free...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gus Baha' memohon ijazah kitab

DAFTAR MAKAM SESEPUH / ULAMA DI KECAMATAN SIDOARJO KOTA, KABUPATEN SIDOARJO

Kyai Ngali Muntoha Nglames Madiun