ISTIGHFAR RAJAB ABDULLAH BIN SULTHON



Kisah Istighfarnya Abdullah Bin Sulthon 

Abdulah bin Sulthon membaca istighfar ini tiap malam di bulan Rajab. Ini terjadi pada jaman Rasulullah SAW. Ketika Abdullah bin Sulthon meninggal, tidak ada seorangpun yang hadir untuk memandikan, menyolatkan, dan melayat jenazahnya, maka turunlah malikat Jibril kepada Rasulullah SAW dan berkata. "Wahai Rasulullah, Tuhanmu memberimu salam dan mengkhususkanmu dengan kehormatan dan kemuliaan dan Tuhanmu memerintahkanmu untuk pergi ke jenazahnya Abdullah bin Sulthon, kemudian mandikanlah, kafanilah dan sholatilah." Dan kemudian berangkatlah Rasulullah SAW, beliau berjalan dengan ujung jari-jari kakinya, ketika sampai di kuburnya pun, beliau tersenyum, maka para sahabat sungguh heran dengan sikap Rasulullah SAW tersebut. Setelah semuanya kembali pulang, para sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW mengapa engkau berjalan dengan ujung jari-jari kaki wahai Rasulullah?" Beliau menjawab,"sungguh saya melihat dari banyaknya malaikat yang sedang berkumpul sehingga hampir tidak ada tempat untuk meletakkan kakiku di tanah, kecuali untuk jari-jari kakiku" Kemudian para sahabat bertanya lagi : "Kenapa engkau tersenyum wahai Rasulullah?" Rasulullah menjawab,"sungguh aku telah melihat telaga dari surga ada di kuburnya. Dan di belakang telaga itu datang bidadari cantik-cantik yang masing-masing membawa gelas yang penuh dengan air dari telaga Kautsar, dan masing-masing berebut untuk memberi minum kepada Abdulloh, karena itu aku tersenyum. Kemudian Nabi mengajak para sahabat: "Mari kita ke rumah Abdullah bin Sulton untuk bertanya kepada istrinya tentang apa yang dikerjakan suaminya di masa hidupnya." Sesampai di depan rumahnya yang dalam keadaan tertutup, mereka mengetuk pintu, maka istri Abdullah bin Sulthon berkata,"Siapakah yang mengetuk pintu rumah orang fasik lagi pendusta?" Para sahabat berkata : "Wahai ibu yang baik, bukalah imamnya para Rosul, dan Nabi terakhir" Maka dibukalah pintu itu lalu ditanyakan pada istrinya tentang tingkahlaku suaminya dan apa saja yang dikerjakan sewaktu hidupnya. Perempuan itu menjawab, "Wahai Rasulullah saya tidak pernah melihat, tapi saya melihat bila datang bulan Rajab dia membaca Istighfar ini saya menjadi hafal. Nabi memerintahkan kepada Sayyidina Ali KW menulis, setelah ditulis maka Rasulullah SAW bersabda : "Barangsiapa membaca Istighfar ini dan meletakkan di rumahnya atau diletakkan di benda lainnya (peci, sabuk, baju) maka Allah SWT memberi pahala kepadanya seperti pahalanya 1000 orang yang jujur, pahala 80.000 haji, pahala 80.000 masjid, pahala 80.000 yang minum air dari telaga Kautsar, pahala 80.000 malaikat yang mulia, pahala 80.000 orang yang ahli ibadah, pahala 7 langit dan 7 bumi, pahala 8 pintu surga, pahala Arsy dan kursi, pahala Laukh dan qolam dan pahala Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa, bin Maryam, dan Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW bersabda,"Barangsiapa yang membaca Istighfar ini maka Allah SWT membangunkan untuknya 80.000 istana yang setiap kamarnya ada 80.000 bidadari yang cantik-cantik, di atas kepala bidadari ada pohon menaunginya selebar dunia seisinya. Barangsiapa membaca Istighfar ini 4x selama hidupnya maka sesungguhnya Allah SWT memberikan pahala Mekkah, Madinah, dan Baitul Maqdis. Apabila orang tersebut mati pada malam atau siang hari pada waktu membaca Istighfar ini, maka Allah SWT memerintahkan 80.000 malaikat untuk mengiringi jenazahnya dan memohonkan ampunan untuknya, dan Allah SWT memudahkannya dalam pertanyaan malaikat Munkar dan Nakir. Allah SWT membukakan dalam kuburnya pintu ke surga dan akan datang bidadari yang cantik dengan membawa mangkuk berisi air dari telaga Kautsar, maka tatkala bangun dari kubur pada hari kiamat, wajahnya bersinar melebihi sinar bulan. Penduduk Mahsyar berkata,"inikah nabi, inikah Rasul, inikah malaikat yang dengan Allah SWT" Maka diucapkanlah,"Bukan, ini adalah salahsatu hamba Allah SWT dari bani Adam yang dimuliakan Allah SWT sebab BAROKAH bacaan Istighfar." kemudian didatangkanlah Bouraq yang dinaikinya dan berjalan menuju pintu surga tanpa hisab. Nabi Muhammad SAW bersabda : "Barangsiapa membaca istighfar ini tidak akan didekati ular, kalajengking, srigala, dan sesuatu yang mencelakakannya dan selamat dari mati mendadak, selamat dari orang-orang dzalim, penipu, orang hasud/iri, perbuatan ahli sihir, orang yang kejam dan fasik, Allah SWT akan melihatnya dengan pandangan rahmat dan selamat dari jin, orang durhaka, setan-setan dan seluruh hal yang mencelakakannya."

هذا استغفار رجب لعبد الله بن سُلطان
Inilah Istighfar Abdullah bin Sulthon: 
 بسم الله الرّحمن الرّحيم


 أَسْـتَغْفِرُ اللهَ , أَسْـتَغْفِرُاللهَ , أَسْـتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِي لآإِلهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيَّ الْقيُّوْمَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ مِنْ جَمِيْعِ مَا اَكْرَهَهُ قَوْلاً وَفِعْلاً حَاضِرًا وَغَائِبًا , اَللّهُمَّ إِنِّي اَسْتَغْفِرُكَ لِمَا قَدَّمْتُ وَأَخَّرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ وَمَا أَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّي أَنْتَ الْـمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ وَأَنْتَ عَلى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ, اَللّهُمَّ إِنِّيْ اَسْتَغْفِرُكَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ تُبْتُ مِنْهُ ثُمَّ عُدْتُ إِلَيْهِ, أَسْـتَغْفِرُكَ لِمَا اَرَدْتُ بِهِ وَجْهَكَ الْكَرِيْمَ فَخَالَطَنِيْ فِيْهِ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ رِضًا, وَأَسْـتَغْفِرُكَ لِماَ دَعَانِيْ إِلَيْهِ الْهَـوَى مِنْ قَبْلُ فِيْمَا اشْـتَبَهَ عَلَيَّ وَهُوَ عِنْدَك محَرّمٌ, وَأَسْـتَغْفِرُكَ مِنَ النِّعَمِ الَّتِى أَنْعَمْتَ بِهَا علَيَّ فَاسْـتَعَنْتُ بِهَا عَلَى مَعَاصِيْكَ, وَأَسْـتَغْفِرُكَ مِنَ الذُّنُوْبِ الَّتِى لاَ يَطَّلِعُ عَلَيْهَا أَحَدٌ سِوَاكَ وَلاَ يُنَجِّى مِنْهَا اَحَدٌ غَيْرُكَ وَلاَ يَسَعُهَا إِلاَّ حِلْمُكَ وَلاَ يُنَجِّىْ مِنْهَا إِلاَّ عَفْوُكَ وَأَسْـتَغْفِرُكَ مِنْ كُلِّ يَمِيْنٍ حَنِثْتُ فِيْهِ وَهُوَ عِنْدَكَ مُحَرَّمٌ وَأَناَ مُؤَآخَذٌ بِهِ وَأَسْـتَغْفِرُكَ لآإِلهَ إِلاَّ أَنْتَ يَا عَالِمَ الْغَيْبِ والشَّهَادَةِ مِنْ كُلّ سَيِّـئَةٍ عَمِلْـتُهَا فِيْ سَوَادِ اللَّيْلِ وَبَيَاضِ النَّهَارِ, وَفىِ فَلاَ وَمَلاَ قَوْلاً وَّفِعْلاً وَأَنْتَ نَاظِرٌ إِليَّ إِذَا كَتَمْـتُهُ وَتَرَى مَا اَتَيْـتُهُ مِنَ الْعِصْـيَانِ يَاكَرِيْمُ يَا مَنَّانُ يَاحَلِيْمُ, وَأَسْـتَغْفِرُكَ لآإِلهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ, وَأَسْـتَغْفِرُكَ مِنْ كُلِّ فَرِيْضَـةٍ وَجَبَتْ عَلَيَّ فِي أَنَآءِ اللَّيْلِ وأَطْرَافِ النَّهَارِ وَتَرَكْـتُهَا سَهْوًا أَوْ غَفْـلَةً أَوْ خَطَأً وَأَنَامَسْـئُوْلٌ بِهَا, وَأَسْـتَغْفِرُكَ مِنْ كُلِّ سُنَّةٍ مِّنْ سُنَنِ سَـيِّدِ الْمُرْسَليْنَ وَخَاتَمِ النَّبِيِّـيْنَ سَـيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ وَتَرَكْتُهَا سَهْوًا أَوْ غَفْـلَةً أَوْ خَطَأً أَوْ تَهَاوُنًا فَإِنِّي أَسْـتَغْفِرُكَ يَا اَللهُ يَا اللهُ , لآإِلهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ, لآإِلهَ إِلاَّ أَنْتَ يَا رَبَّ الْعَالمَيْنَ, أَنْتَ رَبِّي لآإِلهَ إِلاَّ أَنْتَ وَحْدَكَ لاَشَرِيْكَ لَكَ, سُبْحَانَكَ يَا رَبَّ الْعَالمَيْنَ, وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ, وَ لاَحَوْلَ وَلاَقُوّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَصَلَّى اللهُ عَلى سَـيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلأُمِيِّ وَعَلى ألِه وَصَحْبِه أَجْمَعِيْنَ, سُبْحَانَ ربِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ ,وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ , وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن



Terjemahan bebas :

Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia, yang Hayyul Qoyyum. Aku bertaubat kepadaNya dari segala perbuatan maksiat dan dosa. Aku bertaubat kepada-Nya dari segala ucapan, perilaku yang Dia benci. Ya Allah, sesunggohnya aku mohon ampun kepada Mu dari segala dosa yang telah lalu dan yang kemudian, yang melewati batas, baik yang aku sembunyikan maupun yang terang-terangan, serta dosa-dosaku yang Engkau lebih mengetahuinya daripada diriku sendiri. Engkau yang Muqaddim dan yang Muakh-khir, dan Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah sesungguhnya aku mohon ampun kepada Mu dari setiap dosa, aku bertaubat kepada Mu dari dosa-dosa yang selalu saja aku ulangi. Aku mohon ampun kepada Mu atas amal yang tujuan awalnya murni untuk-Mu  lalu tiba-tiba tercampuri oleh hal-hal yang tidak Engkau ridhai. Aku mohon ampun kepada Mu atas khianatku terhadap janji Mu padaku, dan aku mohon ampun kepada Mu atas penerobosan terhadap rambu-rambu-Mu, aku mohon ampun kepada-Mu dari segala nikmat dan anugerah-Mu kepadaku yang kemudian aku salah-gunakan untuk melakukan perbuatan-perbuatan durhaka, dan aku memohon ampun kepada-Mu atas segala dosa yang tidak ada Yang bisa mengampuni nya kecuali Engkau, dan tidak ada satupun Yang  mampu menampakkan dosa-dosa itu selain Engkau, dan tidak melapangkannya kecuali rahmat dan santunan Mu dan tidak dapat selamat darinya kecuali atas ampunan Mu, aku mohon ampun kepada Mu dari setiap sumpah yang aku langgar, dan aku mohon ampun kepada Mu wahai Dzat yang tiada Tuhan kecuali Engkau.

Maha Suci Engkau bahawasanya aku menganiaya diri. Aku mohon ampun kepada Mu wahai Dzat yang tiada Tuhan kecuali Engkau yang mengetahui barang yang gaib dan nyata, dari setiap kejahatan yang aku lakukan di siang hari ataupun di malam hari, tersembunyi atau terang-terangan, Engkau senantiasa melihat aku, setiap aku melakukan maksiat pasti Engkau melihatnya baik perilaku yang aku sengaja, salah ataupun lupa wahai Dzat yang Penyantun lagi Pemurah.Dan aku mohon ampun kepada Mu yang tiada Tuhan kecuali Engkau, Maha Suci Engkau bahwasanya aku menganiaya diri sendiri.Ya Allah Tuhanku, ampunilah aku dan kasihanilah serta terimalah taubatku, Engkau sebaik-baik yang mengasihi.Aku mohon ampun kepada Mu atas pelanggaran ku meninggalkan ibadah fardhu yang diwajibkan kepadaku dalam sehari semalam, baik yang aku sengaja atau yang tidak, yang lupa atau yang aku abaikan, dan aku dituntut karenanya dan dari setiap sunah Nabi Muhammad S.A.W. yang aku tinggalkan kerana lupa atau khilaf, dungu atau menggampangkannya, sedikit atau banyak dan aku mengulanginya.Aku mohon ampun kepada Mu wahai Dzat yang tiada Tuhan kecuali Engkau, Yang Esa, tiada sekutu bagi Mu.Maha Suci Engkau Penguasa alam semesta, kepunyaan Mu lah kerajaan, dan bagi Mu lah segala puji dan syukur, Engkaulah yang mencukupi aku , Engkau adalah sebaik-baik Pelindung dan Penolong, tiada kekuatan dan kemampuan melakukan ibadah kepada Mu, serta menjauhi larangan Mu kecuali dengan pertolongan dari Mu Yang Luhur dan Agung.Semoga Allah memberi selawat dan salam sebanyak-banyaknya kepada Nabi Muhammad S.A.W., keluarga dan sahabat2 beliau. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.


( Sumber : Al-Majmu'ah Al-Mubarokah lisy-Syaikh Muhammad Shodiq al-Qohhawi.
Alih Bahasa oleh Habib Umar Muhsin al-Aththos : Menguak Mutiara Terpendam cetakan II , hal: 26-34 )  

Amalan-amalan di dalam  kitab yang beliau terjemahkan dan beliau publikasikan  lewat buku tulisannya tersebut, telah mendapat ijazah dari  Habib Luthfi Yahya Pekalongan. Adapun saya, mendapatkan informasi Istighfar Rajab ini, dari buku milik Habib Hamzah bin Abdurrahman Alaydrus Madiun yang dipinjamkan pada saya. Oleh karena itu mari kita baca al Fatihah, semoga jika bacaan al Fatihah ini dianugerahi pahala oleh Allah, maka semoga Allah melimpahkannya kepada beliau-beliau : 

اللّهُمَّ ابْعَثْ ثَوَابَ هذِهِ قِرَأَةِ سُوْرَةِ الْفاتحةِ إلى حَضَرَةِ : سَـيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ ,عبد الله بن سلطان, سَـيِّدِنَا عَلِى بن أبي طالب كرّم الله وجهه, صاحب المجموعة المباركة :الشّيخ محمّد صادق القَهَّاوِي, الحبيب عُمَر مُحْسِن الْعَطّاس, الحبيب لُطْفِي يَحْيَ فكالوعان,الحبيب عُمَر مُحْسِن الْعَطّاس , الحبيب حمزة بن عبد الرّحمن العِدْرُوْس الماديؤني
الفاتحة 
--------------
 ماديؤن . الأحد , ٢٨ رمضان ١٤٢٨ هجرية / ٧ أوكتوبر ٢٠٠٧ م






Komentar

  1. Do this hack to drop 2lb of fat in 8 hours

    More than 160,000 women and men are utilizing a easy and SECRET "liquids hack" to lose 1-2lbs each night in their sleep.

    It is effective and works every time.

    You can do it yourself by following these easy steps:

    1) Get a drinking glass and fill it half the way

    2) Proceed to do this crazy hack

    you'll become 1-2lbs thinner the next day!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gus Baha' memohon ijazah kitab

DAFTAR MAKAM SESEPUH / ULAMA DI KECAMATAN SIDOARJO KOTA, KABUPATEN SIDOARJO

Kyai Ngali Muntoha Nglames Madiun