Lukisan Syekh Jumadil Kubro





Ini adalah gambar lukisan Syekh Jumadil Kubro, kakek Kanjeng Sunan Ampel. Dalam lukisan, nama beliau ditulis sebagai Syekh Jamaluddin Akbar Husain (Puang Syekh Tosora). Tosora adalah tempat makam beliau di sebuah desa di Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan. Almarhum Gus Dur dan beberapa habaib sudah pernah ziarah ke makam beliau di Tosora, Wajo.

Dalam lukisan ini, Syekh Jamaluddin Akbar Husain (Puang Syekh Tosora) digambarkan membawa kitab yang tertulis dua kalimat syahadat. Gambaran tentang Syekh Jamaluddin Akbar Husain (Puang Syekh Tosora) membawa kitab kemana-mana dalam tugas dakwahnya keliling Nusantara, ditemukan dalam naskah Lontar Babad Lombok versi Bali Lombok yg menyebutkan bahwa kapal beliau penuh dengan kitab dan ceritera. Hanya saja, di Lukisan ini beliau dilukis dengan wajah yang masih muda, padahal beliau ketika masuk ke Tanah Bugis sudah berusia mendekati umur 100 tahun.

Di sudut kanan bawah lukisan tertulis nama sang pelukis yakni Bachtiar Hafid, kelahiran  Pinrang tahun 1947. Ia sudah melukis banyak tokoh pahlawan nasional, seperti sultan Hasanuddin, Syekh Yusuf Makassar, dan Pangeran Diponegoro. Sebelum melukis lukisan Syekh Jamaluddin Akbar Husain (Puang Syekh Tosora) ini, Bachtiar melakukan zikir keras hingga larut malam hingga akhirnya menemukan inspirasi untuk menggambar sosok Syekh Jamaluddin Akbar Husain (Puang Syekh Tosora).

Wallahu a'lam.
Lahul Fatihah ila Syekh Jamaluddin Akbar Husain (Puang Syekh Tosora).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gus Baha' memohon ijazah kitab

DAFTAR MAKAM SESEPUH / ULAMA DI KECAMATAN SIDOARJO KOTA, KABUPATEN SIDOARJO

Kyai Ngali Muntoha Nglames Madiun