Kyai Ngali Muntoha Nglames Madiun



Apabila kita mencari di dunia maya terkait tokoh dengan nama BESARI, akan muncul beberapa tokoh. Serupa, tetapi tidak sama. Mungkin akan membuat Anda rancu karena masing-masing ada nama  "BESARI" nya. Berikut ini penjelasan kami agar anda tidak rancu lagi.

-Kyai Ageng ANOM Besari , dimakamkan di Kuncen, Caruban, Kab. Madiun.
-Kyai Ageng MUHAMMAD Besari, dan cucunya yakni Kyai Ageng HASAN Besari, dimakamkan di Tegalsari, Ponorogo.
-Kyai Ageng MUHAMMAD ALI MUNTOHA Besari dimakamkan di Ngalames, Madiun.

Nah, Kyai Ageng Besari yang memiliki wajah seperti foto di bawah ini,  adalah Kyai Besari Nglames-Madiun, yang memiliki ayah Kyai Burhan. Berikut gambar diri beliau, yang diambil oleh seorang administratur Pabrik Gula, dekat Nglames, Madiun.

Kyai Ageng Ngali Muntoha Muhammad Besari Nglames Madiun


Kyai Ageng Muhammad Besari asal Nglames-Madiun ini, memiliki nama asli Kyai Ngalimuntoha. Sedangkan nama : Muhammad Besari adalah pemberian dari guru beliau. Penyebutan "BESARI"  adalah versi Jawa. Aslinya adalah  BA'SYAR, sebuah gelar yang berasal dari bahasa Persia (Iran). Kyai Besari Nglames ini konon  merupakan seseorang yang memiliki ilmu yang luar biasa, salah satunya yaitu hafal al-Quran dan menguasai ilmu Tasawuf. Salah satu cerita kehebatan Kyai Ageng Muhammad Besari Nglames ini  adalah beliau tidak memiliki sawah, tetapi lumbung beliau selalu penuh karena pemberian masyarakat sekitar yang mendatangi beliau untuk meminta didoakan kepada Allah perihal kesembuhan dan kesuburan tanah pertanian mereka.

Disarikan dari SINI dan dari  berbagai sumber.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gus Baha' memohon ijazah kitab

DAFTAR MAKAM SESEPUH / ULAMA DI KECAMATAN SIDOARJO KOTA, KABUPATEN SIDOARJO